Affilasi pada wordpress

Affilasi pada wordpress

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN PROGRAM AFFILIASI?

Untuk memahami apa itu program affiliasi, maka anda harus memahami terlebih dahulu mengenai pemasaran affiliasi. Affiliasi pemasaran adalah ketika pencipta produk memungkinkan mitra (yaitu affiliasi) untuk menjual produk atau jasa mereka dan komisi sebagai imbalan dari mempromosikan produk dan menghasilkan penjualan.

MENGAPA MEMULAI PROGRAM AFFILIASI?

Sebuah program affiliasi dijalankan dengan baik tidak hanya akan mengarahkan lalu lintas saja tapi meningkatkan penjualan, meningkatkan SEO situs, menghasilkan pengunjung yang berkualitas, memperluas produk dan merek anda, dan bahkan bisa membantu menjual produk-produk lain yang bukan merupakan bagian dari program afiliasi yang di ikuti. Selain itu, juga bisa menghemat biaya promosi untuk layanan iklan.

CARA MEMBUAT SEBUAH PROGRAM AFILIASI DENGAN WORDPRESS

Meluncurkan sebuah affiliasi adalah tergantung pada dua hal, yaitu produk dan platform / plugin yang Anda pilih. Namun demikian, ada beberapa hal yang bisa anda pertimbangkan.

Langkah 1 : Buat Produk BESAR

Hal pertama yang Anda butuhkan bahkan sebelum mempertimbangkan langkah selanjutnya adalah menciptakan produk yang hebat dan dibutuhkan oleh orang banyak, dimana akan membuat banyak orang mau menjadi affilasi anda.

Sebuah produk yang berkualitas sangat penting. Banyak affiliasi memiliki merek mereka sendiri bahwa mereka telah membangun dari waktu ke waktu dengan kerja keras. Mereka tidak akan mengambil risiko mempromosikan produk yang berkualitas buruk untuk di jual, karena hal itu akan menghilangkan kepercayaan konsumen.

Selain itu, jika produk itu buruk maka akan mengakibatkan pelanggan mulai meminta pengembalian uang dan Anda juga akan berakhir kehilangan uang atau affiliasinya. Atau keduanya. Belum lagi kehilangan pelanggan juga.

Jadi, hal pertama yang harus benar-benar di perhatikan adalah mengembangkan produk Anda sampai Anda memiliki keyakinan sepenuhnya pada produk tersebut.

Langkah 2 : Pilih Platform Affiliasi dan Plugin

Setelah Anda tahu bahwa Anda memiliki sesuatu yang Anda percaya dan tidak hanya bisa menjual kepada orang lain tetapi menjual ide menjual produk Anda kepada orang lain-saatnya untuk memilih platform affiliasi atau Plugin.

Pilih platform yang tepat untuk anda gunakan dalam menjalankan program affiliasi, karena dengan platform yang tepat otomatis akan memudahkan anda dalam menjalankan situs anda dan anda akan sukses dalam penjualan.

Langkah 3 : Buat Landing Page Affiliasi

Buat halaman jaringan pemasar affiliasi yang dapat mencari dan mengundang untuk mempromosikan produk Anda. Selain itu anda masih harus menemukan cara untuk mempromosikan program anda secara mandiri.

Untuk melakukan proses ini anda bisa membuat konten atau promosi produk. Anda dapat mengirimkan email, melakukan posting tamu, melalui forum dan cara lain. Buat para calon affiliasi menuju halaman anda yang menarik dan efektif.

Berikut adalah contoh Landing Page dari beberapa program afiliasi paling sukses yang bisa anda tiru untuk diterapkan di situs affilasi milik anda :

af1

 Langkah 4 : Track, Mengelola, & Optimalkan

Pada langkah ini anda harus mempunyai alat yang dapat membantu Anda melacak, mengelola, dan mengoptimalkan program affiliasi Anda. Biaya (termasuk waktu yang dihabiskan) harus mencakup seberapa efektif alat tersebut akan membantu Anda tumbuh dan mempertahankan program affiliasi Anda.

PLUGIN AFFILIASI UNTUK WORDPRESS

Dengan menggunakan Plugin anda dapat mengubah WordPress anda menjadi platform pemasaran affiliasi Anda sendiri. Berikut beberapa plugin yang bisa anda gunakan untuk membuat situs WordPress anda menjadi situs affiliasi.

AffiliateWP

af2

AffiliateWP adalah plugin pilihan terbaik saat ini. Ini adalah Plugins yang sudah memiliki reputasi yang sangat baik dan merupakan plugin berkualitas tinggi. Dengan plugin ini anda dapat melakukan manajemen afiliasi melalui backend WordPress dengan banyak fitur.

Fitur Utama:

  • Pelacakan affiliasi
  • Affiliasi tak terbatas
  • Dashboard Affiliasi
  • Laporan yang Real Time
  • Laporan afiliasi individu
  • Pendaftaran afiliasi mudah
  • Kode kupon
  • Harga kustom, persentase atau flat rate
  • Kompatibel dengan pembayaran populer (PayPal, Stripe)
  • Dapat terintegrasi dengan Easy Digital Download, WooCommerce, Gravity Form, Paid Membership Pro, dan plugin populer lainnya.
  • Terdapat banyak add-ons dan ekstensi

 

WordPress Afiliate Manager

af3

WordPress Afiliate Manager adalah adalah plugin affiliasi yang juga dapat terintegrasi dengan WooCommerce, WP eCommerce, dan simple shopping cart bahkan hampir semua plugin eCommerce atau toko online WordPress kompatibel dengan plugin affiliasi ini.

Fitur Utama:

  • Instalasi sederhana
  • Pelaporan real-time
  • Affiliasi tak terbatas
  • Pembayaran Berbasis Flat Rate dan Presentase
  • Penyesuaian manual dan pembayaran
  • Membayar semua affiliasi sekaligus dengan PayPal Mass Pay
  • Pendaftaran affiliasi Kustom
  • dan banyak lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *