Tempat Wisata yang berada di kota Surakarta

tempat wisata di Solo yang wajib dikunjungi? Berikut ini rekomendasi tempat wisata di Solo yang wajib masuk daftar kunjungan saat berlibur di sana.

  1. Grojogan Sewu Tawangmanguui

Salah satu tempat wisata di Solo yang paling terkenal,paling banyak dikunjungi dan banyak dibicarakan wisatawan adalah Grojogan Sewu Tawangmangu. Destinasi pelesiran berupa air terjun yang setinggi 80 meter ini berlokasi di sisi barat Gunung Lawu, atau sekitar 37 kilometer dari pusat Kota Solo. Air terjun ini merupakanair terjun  yang tertinggi di wilayah Jawa Tengah lho

Untuk menuju ke lokasi, wisatawan harus mendaki setidaknya 1.000 anak tangga. Dengan pemandangan kanan-kiri yang indah dan banyak monyet bergelantungan, perjalanan akan terasa lebih menyenangkan. Mitosnya, kalian tidak boleh datang kemari dengan pasangan kalau tidak ingin jalinan asmara kalian bubar di tengah jalan.

Pada saat akhir pekan, tempat wisata ini ramai didatangi wisatawan dari dalam dan luar kota. Untuk dapat menyaksikan keindahan alam di sekitar air terjun Tawangmangu, pengunjung akan dikenai tiket masuk seharga kurang lebih dari Rp20.000 per orang.

  1. Keraton Surakartaop

Jika kalian ingin belajar mengenai sejarah Solo lebih detail, berkunjunglah ke Keraton Surakarta. Bangunan ini didirikan beberapa tahun lalu oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 untuk menggantikan Keraton Kartasura yang hancur lebur akibat peristiwa Geger Pecinan tahun 1743 silam.

Sampai sekarang, bangunan ini masih difungsikan sebagai tempat tinggal Sri Sunan sekaligus menjadi tempat wisata yang ramai oleh pengunjung yang paling banyak dikunjungi di Solo. Adapun kompleks di Keraton Surakarta dibagi menjadi: Alun-Alun Lor, Alun-Alun Kidul, Sasana Sumewa, Siti Hinggil Lor dan Kidul, Kemandungan Lor dan Kidul, Sri Manganti Lor dan Kidul, Kedaton, serta Kamagangan, yang masing-masing memiliki fungsi yang  berbeda, salah satunya dipakai sebagai museum. Di tempat wisata di Solo ini, berbagai koleksi peninggalan kasunanan disimpan, seperti misalnya gamelan, replika pusaka keraton, dan benda-benda lain yang merupakan pemberian dari raja-raja Eropa.

  1. Taman Sriwedarias

Objek wisata paling bersejarah di Kota Solo yang selanjutnya adalah Taman Sriwedari. Tempat wisata di Solo ini merupakan kompleks pertamanan yang berlokasi di daerah Laweyan, Solo, dan sudah ada sejak era kepemimpinan Pakubuwana X. Selain dipakai sebagai lokasi untuk diselenggarakannya hiburan rutin Malam Selikuran, Taman Sriwedari juga pernah dipakai sebagai lokasi penyelenggaraan PON pada tahun 1948.

Di area ini terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari (GWO) yang menjadi tempat pertunjukan wayang orang yang sangat besar. Pada bagian dinding atas bagian kanan dan kiri bangunan ada lukisan besar yang menceritakan epos Mahabharata bertajuk “Kresno Duto”.

 

Bagikan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*